Bingung dengan Berbagai Jenis Karpet yang Dijual? Inilah Tips Memilih Karpet untuk Ruang Makan

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Bingung dengan Berbagai Jenis Karpet yang Dijual? Inilah Tips Memilih Karpet untuk Ruang Makan

Tips Memilih Karpet untuk Ruang Makan

Dari zaman dahulu sampai sekarang, karpet sudah menjadi salah satu aksesoris yang digunakan untuk mempercantik ruangan. Biasanya karpet dipakai pada hunian, hotel, apartemen, dan bahkan karpet kantor. Dengan berbagai macam bahan yang ditawarkan di pasaran membuat konsumen bingung memilih jenis karpet yang cocok digunakan pada hunian sebagai penghias ruang makan.

Bagaimana Cara Memilih Karpet untuk Ruang Makan?

Mungkin sebagian orang masih belum memahami sepenuhnya cara memilih karpet yang baik untuk ruang makan. Banyak toko karpet Jakarta yang bisa dikunjungi, sebagai referensi dalam pemilihan karpet. Namun sebelum membeli, simak beberapa tips dalam memilih karpet sebagai penghias ruang makan.

  • Menentukan Ukuran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ukuran karpet. Biasanya karpet yang dipakai di ruang makan, akan ditaruh dibawah meja dan kursi makan. Oleh karena itu, pilihlah karpet dengan ukuran yang lebih besar dari meja dan kursi makan agar tidak cepat rusak akibat tertekuk.

  • Mudah untuk Dibersihkan

Karpet yang diletakkan diruang makan tentu akan sering kotor akibat noda – noda dari makanan atau bahan makanan lainnya. Itulah sebabnya, jika Anda berniat menaruh karpet di ruang makan maka pilihlah jenis karpet yang mudah dibersihkan. Misalnya jenis karpet yang tidak berbulu (berbulu pendek), sehingga untuk menyapu dan menyikat kotoran lebih mudah.

  • Sesuaikan dengan Tema dan Jenis Furniture

Dalam pemilihan karpet untuk ruang makan tidak boleh asal. Menurut toko karpet Jakarta ketika ingin meletakkan karpet di suatu ruangan, wajib memperhatikan tema dan jenis furniture di ruangan tersebut agar lebih matching serta enak untuk dilihat. Sebagai contoh jika ruang makan Anda bertema vintage, maka pilih karpet bercorak bunga dengan warna yang lembut atau biar lebih aman bisa memakai karpet tanpa corak (polos).

  • Memilih Warna Gelap

Ruang makan digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti ngobrol bersama sanak saudara, kumpul keluarga, tempat belajar dan makan. Oleh karenanya, jika menaruh karpet di ruang makan akan lebih mudah kotor. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pilihlah karpet berwarna gelap agar noda di karpet tidak terlalu terlihat. Biasanya karpet warna gelap juga dipakai untuk karpet kantor, karena kantor banyak orang yang berlalu lalang dengan sepatu penuh debu kotoran.

  • Sesuaikan dengan Bentuk Meja Makan

Kebanyakan orang dalam pemilihan karpet ruang makan tidak menyesuaikan dengan bentuk meja makannya. Apabila Anda mempunyai meja makan berbentuk kotak atau persegi panjang, maka bisa memakai karpet dengan bentuk yang sama namun usahakan memiliki ukuran lebih lebar dari mejanya. Jangan sampai membeli karpet dengan tidak memperhatikan bentuk meja makan, meskipun bisa dipakai akan tetapi akan terlihat aneh.

Sekarang ini sudah banyak toko karpet yang menjual karpet untuk diterapkan pada ruang makan. Berbagai macam harga ditawarkan sesuai dengan kualitas bahan pembuatannya. Belilah karpet yang pas di kantong, jangan sampai gara – gara termakan gengsi membuat Anda membeli karpet yang mahal namun tidak sesuai dengan kebutuhan.

Karpet berbentuk seperti permadani dengan corak dan motif yang memukau. Karpet sendiri banyak dipakai oleh orang – orang adat Timur Tengah, selain itu karpet juga sering dipakai oleh kerajaan – kerajaan di Eropa sebagi penghias istana. Itulah sebabnya pemakaian karpet tidak lekang oleh waktu sampai sekarang tetap bisa dipakai untuk mempercantik interior pada hunian, hotel atau kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *