Cara Membersihkan Karpet dengan Vacuum Cleaner

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Cara Membersihkan Karpet dengan Vacuum Cleaner

Cara Membersihkan Karpet dengan Vacuum Cleaner

Apakah karpet di rumah anda mulai tampak kotor dan warnanya kusam? Sebagai alas lantai, karpet akan sangat mudah terkena kotoran dan debu yang menempel. Tentu saja hal ini menyebabkan permukaan karpet kerap dijadikan sarang kuman ataupun bakteri penyakit. Nah, untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri pada penghuni rumah, sudah seharusnya anda melakukan pembersihan secara rutin dan berkala.

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menghilangkan kotoran maupun debu yang menempel pada karpet, yakni dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner atau yang sering disebut penyedot debu ini, adalah sebuah mesin yang mempermudah anda dalam membersihkan karpet. Pengaplikasiannya bisa digunakan untuk jenis karpet wol, katun, karpet tile, dan lain-lain.

Namun sebelum menggunakan penyedot debu ini pada karpet, anda harus terlebih dulu tahu bagaimana cara penggunaannya. Jangan asal melakukan pembersihan yang justru bisa merusak serat karpet. Alih-alih menjadi bersih, malah bulu karpet anda akan mudah rontok loh. Nah, maka dari itu, perhatikan cara menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet lantai di bawah ini.

Cara Tepat Menggunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Karpet

Cara Menggunakan Vacuum Cleaner untuk Membersihkan Karpet

Membersihkan karpet memang tidaklah mudah, apalagi jika karpet anda cukup tebal dan lebar. Nah, supaya hasil pembersihan karpet lebih maksimal, ikuti cara penggunaan vacuum cleaner di bawah ini.

1. Mengecek kondisi vacuum cleaner

​​​​Sebelum digunakan, sebaiknya periksa terlebih dulu apakah bagian peralatan vacuum cleaner dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk memastikan supaya vacuum cleaner tidak merusak serat karpet, karena ada bagian mesin yang bermasalah.

2. Menyalakan mesin penyedot debu

Jika kodisi mesin mesin vacuum cleaner dalam cukup baik, anda bisa mulai melakukan pembersihan dengan memasukkan kabelnya pada colokan listrik. Selanjutnya, tekanlah tombol On untuk memulai penyedotan debu pada karpet.

3. Perhatikan arah pembersihan

Supaya debu dan kotoran bisa terhisap secara keseluruhan, anda harus menggerakkan penyedot debu dengan arah berlawan atau bolak balik dari dua arah. Gerakkanlah ke atas dan ke bawah berulang ulang hingga karpet bersih dari debu.

4. Membersihkan secara perlahan dan merata

Ketika membersihkan karpet, sebaiknya lakukan secara perlahan supaya debu terangkat seluruhnya. Selain itu, lakukanlah pembersihan merata di seluruh permukaan karpet, termasuk bagian tepi dan juga bagian karpet yang tersembunyi.

5. Pakai creative tool

​​Untuk membersihkan bagian tepi karpet yang rawan terjadi penumpukan debu, anda bisa memanfaatkan creative tool. Tujuannya adalah untuk memudahkan dan memaksimalkan pembersihan pinggiran karpet.

6. Gantilah nozzle vacuum cleaner

​​​​​Jika anda akan membersihkan bagian yang sulit dan tersembunyi seperti di bawah sofa, sebaiknya gantilah nozzle vacuum cleaner yang anda gunakan. Sesuaikanlah pilihan nozzle yang berukuran lebih kecil dan bisa menjangkau area area yang tersembunyi.

7. Perhatikan kantong debu

Saat anda tengah melakukan pembersihan, jangan lupa untuk selalu memeriksa kantong penyaring debu. Jika kantong debu sudah penuh, segera buang kotoran tersebut. Jika anda membiarkan kantong debu penuh, proses pembersihan tidak akan maksimal. Hal ini disebabkan daya hisap vacuum cleaner juga akan menurun.

8. Matikan mesin

Jika seluruh permukaan karpet sudah anda bersihkan seluruhnya, matikanlah mesin vacuum cleaner dengan memencet tombol Off. Kemudian cabutlah kabel pada colokan.

Nah, itulah tadi beberapa cara tepat dalam menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Cukup mudah dan tidak melelahkan bukan? Penggunaan vacuum cleaner memang lebih mudah, dibandingkan anda harus melakukan pencucian karpet. Namun jangan lupa untuk berhati-hati dalam menggunakannya, supaya bulu dan serat pada karpet wol atau karpet tile anda tidak rusak. Selamat mencoba caranya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *