Ini Dia Cara Merawat Pintu UPVC yang Wajib diketahui

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Ini Dia Cara Merawat Pintu UPVC yang Wajib diketahui

Cara Merawat Pintu UPVC

Saat ini bahan yang digunakan untuk pembuatan pintu sangatlah beragam. Tidak hanya terbatas pada bahan baku kayu saja, salah satu di antaranya ialah bahan UPVC. Keberadaan pintu UPVC juga cukup familiar di kalangan masyarakat. Banyak pula yang mulai beralih kepada bahan satu ini karena melihat sederet keunggulan yang bisa diberikan.

Kelebihan dari pintu dengan bahan UPVC tentu saja tidak mudah berkarat dan pastinya tahan terhadap rayap. Berbeda halnya dengan pintu yang terbuat dari kayu di mana sangat rentan sekali terhadap pelapukan sebab dapat dimakan oleh rayap. Selain itu, UPVC sendiri dipilih karena memang perawatannya yang sangat mudah.

Cara Perawatan Pintu UPVC

Cara Merawat Pintu UPVC

Adapun jika Anda berencana untuk menggunakan pintu dengan bahan UPVC ini, maka sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu seluk-beluknya. Sekaligus memahami tentang bagaimana cara perawatan dari pintu berbahan UPVC dengan benar. Nah, kalau begitu berikut ini cara-caranya untuk Anda ketahui.

Memakai Air Hangat

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk membersihkan pintu dengan bahan UPVC ini adalah memakai air hangat dan juga lap yang bersih. Namun, air hangat ini hanya berguna jika pintu atau jendela berbahan UPVC tidak terlalu kotor. Sedangkan jika memang sulit sekali dibersihkan dengan memakai air hangat, maka Anda bisa mencoba alternatif lainnya terlebih dahulu.

Memakai Cairan Pembersih

Selain dengan menggunakan air hangat, Anda juga bisa mencoba alternatif lain berupa penggunaan cairan pembersih khusus pintu UPVC. Cairan pembersih ini harus digunakan jika memang kotoran yang menempel pada pintu maupun jendela UPVC sangat membandel dan susah untuk dihilangkan dengan air hangat.

Anda tak perlu bingung bagaimana menemukan cairan pembersih untuk pintu berbahan UPVC sebab saat ini cairan pembersih tersebut juga telah dijual secara bebas di pasaran. Anda bisa mencarinya di toko atau minimarket terdekat dan bahkan bisa memesan secara online.

Melakukan Pengelapan Hingga Kering

Anda harus bisa memastikan jika tak ada sedikit pun cairan yang tertinggal di pintu atau kusen jendela Anda. Hal ini dikarenakan, cairan yang nantinya tersisa akan menyebabkan oksidasi sehingga bisa saja menimbulkan karat jika dilakukan secara terus-menerus. Kemudian jika ada cairan yang tersisa pada permukaan pintu atau kusen, Anda juga harus mengelap semuanya hingga benar-benar kering dengan sangat sempurna.

Memberikan Pelumas Pada Bagian Pintu Berbahan UPVC

Kerap kali masalah yang sering kita temui adalah engsel pintu yang berkarat dan susah sekali untuk dibuka serta ditutup. Hal ini tentunya memberikan ketidaknyamanan tersendiri. Maka sebelum hal itu benar-benar terjadi, ada baiknya jika Anda mulai untuk memberikan pelumas pada bagian engsel atau bagian-bagian yang bergerak lainnya.

Anda bisa menggunakan minyak dan semacamnya untuk melumasi bagian yang dimaksud. Namun, sebelum melakukannya pastikan dulu jika bagian tersebut sudah benar-benar bersih alias tidak tertutup debu. Karena hal ini akan mempengaruhi proses dalam melumasi pintu. Bisa saja debu atau kotoran tersebut semakin menempel jika tidak dibersihkan dulu. Maka Anda memang harus memperhatikannya dengan benar untuk cara yang satu ini.

Satu lagi tips yang mungkin berguna bagi Anda yakni, ketika melakukan pengelapan gunakan lap yang memiliki serap air cukup tinggi. Seperti misalnya saja kanebo. Sebab, dengan menggunakan bahan yang mempunyai daya serap tinggi, maka cairan pembersih atau air yang Anda pakai untuk mengelap pintu bisa terserap dengan baik. Sehingga tak perlu ada yang menempel di pintu UPVC rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *