Cara Pemasangan Pipa conduit dengan Mudah

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Cara Pemasangan Pipa conduit dengan Mudah

Cara Pemasangan Pipa conduit

Pipa conduit merupakan pipa yang digunakan pada instalasi listrik. Bentuk pipa ini seperti layaknya pipa biasa. Hal yang membedakan terletak pada ukuran dan kelenturan pipa. Seperti pipa pada umumnya, pipa conduit terbuat dari bahan PVC dan bukan galvanis.

Pada umumnya, pipa ini memiliki ukuran 20mm sampai 35 mm dengan panjang mencapai 3 meter. Pipa jenis ini bias di bengkokan pada sudut tertentu. Pipa jenis ini memang cukup lentur dan dapat digunakan untuk melindungi kabel.

Fungsi

Pipa conduit memiliki manfaat atau fungsi utama sebagai pelindung. Listrik merupakan elemen penting dalam rumah atau gedung. Penggunaan pipa bertujuan untuk melindungi kabel dari berbagai gangguan. Apabila kabel dibiarkan terbuka tanpa di amankan pipa maka kabel mudah rusak.

Kabel yang tergores, terkena benda berat dan seterusnya pasti akan cepat rusak. Apabila kabel mengalami kebocoran juga rawan terbakar. Hal inilah yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan pipa kabel. Meskipun harus mengeluarkan uang lebih mahal, penggunaan pipa ini tetap memberikan rasa nyaman dan aman.

Pipa conduit merupakan benda konduktor sehingga tidak mudah menghantarkan panas. Bayangkan, jika kabel dibiarkan saja kemudian digigit tikus. Kabel terkelupas kemudian mengeluarkan percikan api. Sumber kebakaran bias muncul dari kabel. Inilah pentingnya penggunaan pipa pada kabel.

Cara Pemasangan

Memasang pipa conduit bukanlah hal yang sulit apalagi bagi para tukang. Meskupun mudah, pemasangan pipa tetap harus memperhatikan beberapa ketentuan agar tidak terjadi kesalahan. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemasangan pada lantai atau tembok cor. Sebaiknya jangan melakukan pemasangan setelah di cor.

Pemasangan dilakukan sebelum tembok atau lantai di cor. Tujuannya adalah agar tidak terjadi permukaan tembok atau lantai yang tidak rata alias bergelombang. Tembok atau lantai yang bergelombang tentu saja menghasilkan kesan yang kurang bagus dan kurang rapi.

Hal kedua yang diperhatikan adalah susunan kabel. Pada saat kabel dipasang di atap, perhatikan susunan kabel. Konsultasikan pemasangan pipa dan kabel dengan pekerja lain. Tujuannya agar kabel dan pipa tersusun secara rapi. Ketidak rapian bias membuat kebl saling mengganggu dan menimbulkan kegagalan instalasi.

Selain itu, manfaatkan penarik seperti pancing. Apa hubungan pancing dengan kabel? Mungkin sebagian pembaca bertanya demikian. Hubungannya adalah pancing dimanfaatkan untuk menarik kabel agar lebih mudah.

Pipa memiliki panjang batang mencapai 3 meter. kabel harus masuk pada pipa. Apabila tidak memanfaatkan bantuan alat seperti pancing tentu kabel akan sulit masuk dan mengisi lubang pipa. Tidak harus menggunakan pancing tetapi semua alat yang dirasa bias menarik kabel dengan baik.

Kabel conduit memang memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Kabel jenis ini memiliki bobot yang sangat ringan. Berbeda dengan pipa air yang berat dan butuh tenaga ekstra untuk membawanya dalam jumlah banyak. Pipa kabel sangat ringan sehingga mudah dalam pemasangan dang perawatan.

Penggunaan kabel pipa juga tidak perlu perawatan. Setelah pemasangan, pipa bias dibiarkan dalam waktu yang cukup lama. Meskipun lentur dan ringan, pipa tidak mudah rusak dan tentu saja tahan terhadap berbagai gangguan seperti gigitan tikus dan kebakaran.

Pipa conduit juga mudah dipotong dan dibengkokkan. Pemasangan bias disesuaikan dengan kebutuhan. Mudahnya pipa untuk dipotong dan dibengkokkan membuat tukang lebih cepat dalam melakukan pekerjaannya. Demikian artikel mengenai pipa conduit. Dapatkan harga pipa conduit terbaik hanya di temtera.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *