Dasar-Dasar Instalasi Listrik Ini Wajib Anda Ketahui Agar Tidak Keliru dan Picu Resiko Berbahaya

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Dasar-Dasar Instalasi Listrik Ini Wajib Anda Ketahui Agar Tidak Keliru dan Picu Resiko Berbahaya

Dasar-Dasar Instalasi Listrik

Instalasi listrik merupakan suatu rangkaian yang dikerjakan dan disusun untuk menghasilkan sebuah aliran listrik, seperti untuk menyalakan sebuah lampu ataupun juga dijadikan sebagai sumber listrik.

Instalasi listrik terdiri dari beberapa komponen yaitu skaklar, stop kontak dan lampu. Secara sederhana, input sakelar terdapat pada sumber fasa sedangkan outputnya diarahkan ke beban dimana beban tersebut merupakan lampu. Pada lampu haruslah terdapat kabel netral yang akan membuat lampu itu menyala ketika saklar di “on” kan.

Instalasi listrik dapat dipelajari dengan sangat sistematis baik oleh pelajar yang memiliki konsentrasi untuk mempelajari instalasi listrik maupun oleh kontraktor listrik yang bekerja dalam dunia kelistrikan.

Dasar-Dasar Instalasi Listrik

Dalam pengadaan instalasi listrik, tentu harus adanya dasar keilmuan yang membuat seseorang dalam prakteknya tidak salah kaprah. Adapun dasar-dasar instalasi listrik antara lain:

1. Standarisasi

Standarisasi dibuat untuk menyeragamkan peraturan kelistrikan dari mulai ukuran, kualitas barang, mutu, hingga cara kerja atau proses instalasi listrik itu sendiri.

Standarisasi merupakan dasar instalasi listrik yang sangat perlu dilakukan, hal ini untuk menciptakan keamanan di samping semakin rumitnya dan kompleksnya desain hunian maupun gedung saat ini.

Adanya standarisasi juga berfungsi dalam mengurangi melakukan berpikr lagi sebelum melakukan instalasi. Hal ini dikarenakan sudah ada aturan sebelumnya yang ditetapkan dalam standarisasi sehingga hal itu semakin memudahkan jasa instalasi listrik. Di samping itu, dikarenakan adanya standar barang dari mulai kualitas, bentuk hingga ukuran menyebabkan baik itu produsen maupun konsumen semakin mudah dalam menentukan barang yang dapat menunjang proses instalasi listrik.

2. Persyaratan

Persayaratan dibuat agar pengguna listrik saat melakukan proses instalasi listrik dapat memenuhi persyaratan yang diberlakukan yang juga didasarkan pada standarisasi yang telah berlaku.

Bahan Yang Diperlukan Dalam Instalasi Listrik

Ada beberapa macam alat-alat dan bahan yang diperlukan agar instalasi listrik dapat berjalan dengan lancar, yaitu: kabel, kontak, sakelar, klem, pipa instalasi, lapsdop, sekering, fitting, klem, kotak sambung, crosdos, T-dos dan masih banyak lagi.

Alat-alat dan bahan ini berlaku untuk semua jenis proses instalasi listrik.

Instalasi Listrik Hunian Pribadi

Dewasa ini memiliki hunian tentu harus juga difasilitasi dengan listrik karena di era modern ini tanpa listrik manusia akan sulit berkembang. Sumber listrik terbagi ke dalam dua jenis yaitu sumber listrik yang berasal dari batu bara dan sumber listrik yang berasal dari tenaga surya. Masyarakat saat ini lebih dianjurkan untuk menggunakan tenaga surya untuk sumber listriknya, hal ini dikarenakan penggunaan tenaga surya akan mengurangi konsumsi menggunakan listrik batu bara di mana sumbernya sudah sangat menipis dan cenderung merusak alam. Walaupun tenaga surya memiliki harga yang cukup mahal saat instalasinya, keuntungannya adalah menggunakan tenaga surya sangat murah bahkan cenderung tidak bayar biaya perbulan. Selain itu, menggunakan tenaga surya untuk sumber listrik juga berperan dalam mengurangi kerusakan lingkungan.

Adapun cara untuk instalasi listrik hunian pribadi di antaranya:

1. Gambar rencana instalasi listrik berdasarkan denah bangunan

Instalasi listrik sebelum pemasangannya harus mepertimbangkan terlebih dahulu denah bangunan agar pemasangannya dapat menyeluruh dan sesuai aturan.

2. Material yang digunakan

Dengan adanya standar yang telah ditetapkan, maka material instalasi listrik yang akan digunakan juga harus memenuhi standar agar aman baik dari pemeriksaan maupun saat digunakan.

3. Cara kerja

Saat Anda menggunakan jasa instalasi listrik, perlu adanya peninjauan terhadap keahlian pekerja. Jangan sampai pekerja tidak menguasai kelistrikan dan bekerja tidak sesuai sehingga membahayakan penghuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *