Ikuti Kriteria Ruang Dapur yang Higienis Ini Agar Keluarga Selalu Sehat

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Ikuti Kriteria Ruang Dapur yang Higienis Ini Agar Keluarga Selalu Sehat

Kriteria Ruang Dapur yang Higienis

Pada dasarnya mempunyai dapur yang sehat diibaratkan sebagai jantung bagi sebuah rumah. Dari dapurlah, terciptanya sebuah makanan dan minuman untuk memenuhi hidup anda sehari-hari. Supaya proses di dalam meracik masakan menjadi sangat mudah, maka dapur harus dibuat senyaman mungkin. Selain nyaman, dapur harus dibuat dengan sehat dengan memperhatikan setiap kompenen mulai dari tata letak, kebersihan dan sebagainya

5 Indikator Dapur yang Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selain harus menciptakan suasana dapur yang nyaman, anda juga harus menciptakan suasana dapur yang sehat. Yang di maksud dengan dapur yang sehat ini adalah dimana dapur anda harus terbebas dari segala macam kotoran dan bakteri yang menyebabkan dapur menjadi kurang enak di pandang.

Untuk bisa menciptakan dapur yang sehat, caranya gampang sekali kok. Anda hanya cukup menjaga kebersihan dapur saja dan melakukannya secara rutin. Selain itu, anda juga perlu melakukan beberapa hal yang mencerminkan kriteria dari dapur yang bersih seperti berikut ini, yaitu :

1. Tidak Ada Cairan Berbahaya

Sebaiknya jangan simpan berbagai macam jenis cairan berbahaya di dapur. Misalnya saja, jangan simpan cairan pestisida, atau cairan serangga lainnya. Cairan ini akan mengganggu saraf yang bersifat karsinogen yang bisa merusak saraf dan kesehatan anda. Apalagi jika sudah tercampur dengan makanan. Tentu saja akan sangat berbahaya sekali. Apabila memang harus menyemprot dapur dengan barang ini karena banyak nyamuk dan serangga maka anda juga harus membuka lembar-lembar jendela rumah anda supaya bau dari cairan serangga tersebut hilang.

2. Pemilihan Material Dapur

Hal yang paling penting dalam membuat sebuah dapur yang sehat dan ideal adalah terletak pada pemilihan material dapur. Pada saat membuat sebuah dapur, sebaiknya pilih material dapur yang berkualitas supaya nantinya dapur menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah pemilihan dinding dan lantai pada dapur.  Untuk dinding, pilihlah  agan dinding yang kedap terhadap  air dan jangan lupa melapisinya dengan cat expoxy atau waterproof. Hal ini bertujuan supaya dinding tidak mudah berjamur dan tidak mudah rembes. Sedangkan untuk lantai, sebaiknya aplikasikan dapur anda dengan lantai keramik yang bertekstur. Lantai yang bertekstur ini akan membuat dapur anda menjadi tidak licin dan juga mudah untuk dibersihkan dari kotoran, debu dan minyak. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kekuatan dari lantai. Usahakan lantai merekat dengan sempurna pada lantai supaya tidak terjadi rembesan pada lantai. Salah satu caranya adalah dengan pemasangan floor hardener Jakarta. Floor hardener ini akan membuat lantai menjadi sangat kuat dan tidak mudah rusak.

3. Jauhakan Dari Zat Sumber Penyakit

Semua orang pastinya ingin menyajikan masakan yang bergizi dan juga sehat, bukan? Oleh karena itu, jangan terlalu sering mengolah bahan makanan dengan menggunakan alat misalnya saja microwave

Gelombang mikro yang ada pada alat ini bisa menghilangkan zat gizi sehingga tidak akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jauhkan alat ini dari jangkauan anak-anak.

Penempatan berbagai macam alat-alat dapur lainnya juga perlu diperhatikan juga. Jangan letakan kompor tepat di bawah jendela. Hal ini bertujuan supaya nyala api tidak berkobar tertiup oleh angin dan juga bisa menyambar benda-benda yang berada di sekitarnya yang mudah terbakar.

Selain itu, jangan gunakan alat makan yang terbuat dari plastik. Hal ini karena di dalamnya terdapat zat kimia yang bisa mengkontaminasi makanan. Gunakan alat makan yang terbuat dari kaca atau keramik

4. Pencahayaan yang Optimal

Pastikan area dapur mendapatkan cahaya matah arinyany cukup. Tidak hanya berfungsi sebagai penerang saja, cahaya matahari ini juga bisa digunakan untuk menyingkirkan binatang pengganggu seperti kecoa dan tikus, menerangi sudut dapur yang gelap, dan membuat suasana dapur menjadi tidak lembab.

5. Segera Periksa dan Perbaiki Jika Ada Kerusakan

Karena dapur merupakan sebuah tempat yang sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari, maka tidak heran jika dapur sering mengalami kerusakan. Salah satu ya adalah pada bagian lantai. Karena letanya  dekat dengan area berair maka dapur sering kali mengalami masalah pada bagian lantai. Lantai dapur sering mengenang dan sering rembes air. Jika terjadi maka segeralah periksa dan perbaiki dengan segera. Panggila saja jasa floor hardener Jakarta maka masalah anda akan segera teratasi. Lantai dapur anda akan kembali seperti semula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *