Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan sebagai Material Dinding

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan sebagai Material Dinding

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan

Mendengar material bata ringan pasti anda langsung terpikirkan bahan untuk membangun sebuah dinding. Inovasi material batu bata yang mampu menggantikan bata merah dan batako ini kini lebih banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk membangun huniannya. Alasannya banyak dan sebagian besar adalah karena sifatnya yang sangat ringan dengan kualitas bangunan yang kuat.

Rahasia dari bata yang memiliki bobot ringan ini terdapat dari bahan material pembuatnya yaitu beton ringan. Beton ringan terdiri dari campuran bahan pasir silika, alumunium pasta dan semen. Campuran semua bahan tersebut menghasilkan jenis batu bata yang memiliki permukaan rata dan halus serta ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan

Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan

Bagi banyak kontraktor bata ini selalu menjadi pilihan utama untuk membangun gedung bertingkat dan juga perumahan. Bentuk dari bata lebih besar yaitu rata-rata 60 cm X 20 cm dengan varian ketebalannya adalah 7 sampai 15 cm. Berat bata saat kering adalah 530 kg per m3 yang jauh lebih ringan dibandingkan bata merah.

Jika beratnya sangat ringan tentu akan mempengaruhi harga bata ringan. Apalah harganya cukup mahal? Bagaimana kelebihan dan kekurangan jenis bata ini untuk struktur bangunan? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan Batu Bata dari Beton Ringan

Berat material yang ringan adalah kelebihan yang akan membantu kemudahan proses pemasangan. Tidak perlu waktu lama untuk tukang bangunan membangun dinding dengan material ini. Kelebihan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki daya yang kuatĀ 

Walaupun ringan sifatnya tetap saja kuat sebagai bahan bangunan. Struktur yang dibuat dari beton iniĀ  tidak akan membuat bangunan mudah runtuh. Justru sebaliknya bangunan bahkan akan lebih kokoh dari guncangan akibat gempa bumi. Artinya struktur dari batu bata jenis ini sangatlah kuat.

  • Hasil bangunan lebih presisi

Permukaan beton sangat halus dan merata sehingga ketika dipasang akan menghasilkan dinding yang presisi. Bentuk yang rata ini disebabkan pembuatan dari bata tidak dicetak satu per satu seperti batako atau bata merah. Bata dibuat dan dipotong dengan mesin khusus sehingga hasilnya akurat.

  • Tidak menghasilkan plesteran tebal

Harga bata ringan memang tidak murah tetapi jika dihitung secara keseluruhan pembangunan biaya bisa lebih hemat. Mengapa bisa begitu? Karena setelah menggunakan batu bata ini anda tak perlu membuat plesteran dinding yang tebal. Artinya tidak banyak semen yang digunakan yang akan menghemat biaya pembangunan.

  • Tahan api, suara dan juga air

Bata dari beton ringan tidak mudah terbakar alias tahan api sehingga sangat aman digunakan. Selain itu untuk menambah kenyamanan bata ini juga kedap suara dan juga air. Jika bangunan dibangun berhimpitan maka tidak akan terganggu oleh suara. Di saat musim penghujan bangunan juga tahan air yang tidak akan menimbulkan jamur pada dinding.

Kekurangan Batu Bata dari Beton Ringan

Pahami juga kekurangan bata dari beton supaya anda bisa lebih cermat menentukan budget dan mengerti kualitas bangunan nantinya. Adapun kekurangan yang dimiliki adalah:

  • Perlu tukang yang profesional

Pemasangan dari bata ini membutuhkan tukang yang profesional dan berpengalaman. Karena membutuhkan bahan perekat khusus yang pemasangannya sangat berbeda dari batako atau bata merah. Tukang yang profesional paham betul bagaimana pemasangan yang tepat supaya hasilnya maksimal.

  • Tidak mudah dipotong

Jenis bata ini tidak mudah dipotong karena sifatnya yang sangat keras sehingga untuk melengkapi dinding tetap membutuhkan kombinasi dari batu bata lainnya. Inilah salah satu alasan juga mengapa dibutuhkan tukang yang handal untuk pemasangannya.

Apabila anda memilih bata ringan maka kualitas bangunan akan lebih terjamin, tetapi dibutuhkan tenaga profesional yang ahli untuk memasangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *