Tips Ampuh Mengurangi Kelembapan Kamar Mandi

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

Tips Ampuh Mengurangi Kelembapan Kamar Mandi

Tips Ampuh Mengurangi Kelembapan Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi salah satu tempat yang dinilai paling lembab di rumah. Harus dipahami jika kelembapan tersebut dibiarkan maka tak menutup kemungkinan menjadi salah tempat subur untuk tumbuhnya jamur serta kuman.

Untuk itu tak sebaiknya sebelum hal tersebut terjadi lebih dahulu lakukan pencegahan dengan mengurangi kelembapan kamar mandi. Guna membantu mengurangi kelembapan kamar mandi ada beberapa tips ampuh yang dapat dilakukan. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Tips-tips Untuk Mengurangi Kelembapan Kamar Mandi

Jangan membiarkan kamar mandi menjadi kotor dan lembab. Ini berpotensi besar menimbulkan jamur yang datang dan menggangu kesehatan. Untuk itu tak ada salahnya segera melakukan tindakan pencegahan sebelum jamur terlanjur muncul. Bagaimana langkah melakukannya? Berikut beberapa caranya.

1. Perhatikan Masalah Jendela

Pertama yang perlu diperhatikan adalah masalah jendela. Pastikan jika jendela dapat memberikan ruang ventilasi yang baik agar sirkulisi udara bisa berjalan lancar. Selain itu juga untuk memastikan cahaya matahari masuk dengan baik guna mengurangi kelembapan di kamar mandi.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah masalah gorden. Jangan memilih gorden dengan bahan tebal dan model yang rumit. Ini dapat berpotensi membuat kelembapan hadir lebih lama. Sebaiknya pilih gorden minimalis dengan bahan yang tepat.

2. Tidak Meletakkan Terlalu Banyak Barang di Kamar Mandi

Selanjutnya pastikan jika barang yang ada di kamar mandi tidak terlalu banyak ya. Letakkan barang-barang yang penting saja. Jangan asal meletakkan barang di kamar mandi. Utamanya barang yang berpotensi justru membuat ruangan semakin lembab.

Hadirnya banyak barang ini sebenarnya juga membuat sirkulasi udara menjadi kurang bagus. Selain itu kelembapan di kamar mandi juga membuat barang-barang tersebut lebih mudah terkena jamur. Jadi ada baiknya sebelum terserang jamur atau membuat ruangan semakin pengap dan lembab segera keluarkan barang yang tak penting dari kamar mandi ya.

3. Mengaplikasikan Exhaust Fan

Hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelembapan kamar mandi adalah dengan menggunakan exhaust fan. Kipas yang satu ini merupakan salah satu alat yang fungsinya untuk mempercepat sirkulasi udara yang ada di dalam suatu ruangan maupun rumah.

Udara yang ada di dalam ruangan akan dihisap kemudian dibuang. Ketika membuang udara tersebut sekaligus terjadi penarikan udara segar yang ada di luar ruangan. Ini dinilai sebagai cara yang cukup tepat untuk membantu menjaga agar kamar mandi tetap kering.

4. Pemilihan Cat Dinding yang Tepat

Selain masalah jendela, dimana penggunaan gorden minimalis dengan bahan tepat diperlukan, juga harus diperhatikan masalah cat dinding. Jangan memilih cat dinding yang rentan rusak karena lembab ya. Pastikan juga untuk memilih cat dinding yang tahan terhadap jamur.

Saat ini sudah banyak cat dinding yang tahan jamur dan juga lembab. Tapi, lebih baik lagi jika memilih cat dinding yang anti air. Jadi tidak hanya keindahan ruangan yang terjaga, namun dinding juga dapat menjadi lebih awet karena tidak turut terpapar langsung oleh air.

5. Produk Penyerap Udara Lembab

Salah satu cara lain yang dinilai cukup efektif untuk membantu mengurangi kelembapan kamar mandi adalah dengan menggunakan produk yang membantu menyerap udara lembab. Produk yang satu ini banyak dijual di pasaran.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cukup letakkan di bagian daerah yang akan dikurangi kelembapan airnya. Nantinya udara lembab yang ada akan terakumulasi dalam bentuk air atau pun gel.

Tips-tips di atas menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengurangi kelembapan udara. Mulai dari memilih gorden minimalis seperti model roller blind yang praktis sehingga udara lembab tidak hinggap di gorden. Sampai dengan mengunakan produk penyerap udara lembab. Tak ada salahnya melakukan pencegahan sebelum kamar mandi terlanjur terserang jamur, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *