5 Tips Ampuh Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture

5 Tips Ampuh Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Tips Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Parket atau lantai kayu mampu bersaing di pasaran dengan lantai keramik walaupun harganya lebih mahal. Alasan banyak orang memilih lantai ini adalah karena keamanannya. Jika Anda memiliki anak-anak yang sedang belajar jalan atau sering bermain di rumah, maka lantai ini lebih aman. Resiko anak cedera ketika jatuh di atasnya tidak terlalu membahayakan karena kayu tergolong lebih empuk.

Disisi lain, lantai kayu membutuhkan perawatan yang tepat jika Anda ingin menggunakannya lebih lama. Namun jangan khawatir perawatan yang perlu dilakukan tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menghindari kesalahan penggunaan dan rutin membersihkannya. Ingat juga untuk melakukan recoating setiap beberapa tahun sekali. Jadi seperti apakah perawatan lantai parket yang harus Anda lakukan? Berikut informasinya.

Cara Mencegah Kerusakan Pada Lantai Berbahan Kayu

Tips  Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Perawatan dimulai dari proses pemasangan dan pemilihan material kayu. Anda harus memilih jenis kayu yang keras seperti sonokeling, merbau atau kayu jati. Jenis-jenis kayu ini memiliki tingkat keras tinggi dan tahan terhadap jamur bahkan rayap. Rumah di Indonesia yang sarat akan kelembaban tidak akan mempengaruhi kayu ini untuk cepat lapuk.

Pemasangan juga harus dilakukan oleh tukang yang profesional agar presisi. Selain itu finishing juga harus dilakukan dengan produk yang berkualitas. Setelah lantai parket dipasang dengan tepat, Anda cukup melanjutkan dengan perawatan berikut ini:

  • Tidak membersihkan dengan air

Tips  Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Cara membersihkan lantai kayu berbeda dengan lantai keramik. Anda tidak membutuhkan air dan deterjen pembersih lantai.  Air hanya akan mempercepat kerusakan lapisan coating di atas lantai yang akhirnya membuat air meresap ke dalam kayu. Proses membersihkan lantai harus dilakukan dengan mesin vakum yang akan menyedot debu dan kotoran lainnya. Pastikan Anda membersihkannya dengan mesin vakum setiap hari atau minimal tiga hari sekali. Jika tidak debu dan pasir di atas lantai akan menimbulkan goresan lama kelamaan.

  • Berikan karpet dan keset

Selanjutnya adalah berikan karpet dan juga keset pada area yang sering digunakan. Langkah ini juga akan menghindari munculnya goresan pada permukaan lantai kayu. Pilih karpet yang bagian bawahnya terbuat dari karet. Sehingga karpet tidak akan licin ketika digunakan, selain itu karpet dengan karet akan mengurangi resiko menyimpan debu dan pasir. Anda bisa meletakkan karpet seperti pada area kamar, ruang keluarga dan juga dapur. Berikan juga keset pada depan pintu masuk rumah.

  • Hindari menggunakan sepatu

Tips Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Jangan gunakan sepatu ketika berjalan di atas lantai kayu apalagi sepatu high heels. Sebaiknya gunakan sandal ruangan khusus dan simpan sepatu Anda tersebut. Apalagi sepatu yang baru saja digunakan dari luar akan membawa banyak kotoran yang menggores permukaan lantai kayu. Gunakan sandal mulai dari pintu masuk ruangan.

  • Berikan alas karet pada kaki perabotan

Perabotan di atas lantai parket juga menjadi penyebab kerusakan. Oleh karena itu amankan kaki-kaki perabotan tersebut dengan menggunakan alas karet. Kini sudah banyak yang menjual alas khusus untuk mebel. Ingat juga ketika hendak memindahkan mebel lakukan dengan mengangkatnya. Jangan memindahkan dengan cara diseret karena akan menimbulkan bekas goresan yang cukup parah.

  • Segera bersihkan kotoran apapun

Tips Menjaga Lantai Parket Tahan Lama Bebas Kerusakan

Jika Anda melihat tumpahan air, minyak atau kotoran berbentuk cairan apapun segera bersihkan. Kotoran berbentuk cair yang dibiarkan begitu lama akan membekas dan Anda perlu waktu lebih lama lagi untuk memperbaikinya. Bersihkan dengan kain lap yang kering hingga tidak terlihat lagi bekasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *